Sebaiknya Kenali Dulu 5 Karakter Wajah anda Berikut ini,Sebelum Membeli Kosmetik.



Rangkaian produk kosmetik atau perawatan kulit wajah tentu tak bisa lepas dari aktivitas sehari-sehari yang dilakukan oleh para wanita. Tak jarang masalah kulit seperti jerawat, iritasi, terbakar kerap dialami mereka.

Beauty expert Herty Hartati menjelaskan sebelum memilih produk tertentu, hal penting yang dilakukan lebih dahulu adalah mengenali jenis kulit wajah. Dengan begitu, Anda dapat memilih produk yang tepat sehingga masalah kulit wajah dapat terminimalisir.

“Sebelum memilih dan menggunakan make-up, yang terpenting itu kita kenal dulu dengan jenis kulit kita. Jadi kita tahu produk mana yang cocok, perawatan kulitnya seperti apa. Karena tiap jenis kulit memerlukan perlakuan yang nggak sama satu dengan yang lain. Kemudian ini juga sangat berpengaruh pada efektif atau tidak make-up atau produk perawatan wajah yang kita gunakan” jelas Herty.

Berikut ini 5 jenis kulit wajah yang harus Anda kenali:



1. Kulit Berminyak
 Jenis kulit ini memiliki ciri khusus seperti permukaan kulit tampak berminyak, berkilau, dan sulit untuk dihilangkan sepenuhnya. Beberapa penggunaan sabun pembersih atau produk make-up dapat membantu, tapi sifatnya tidak permanen. Selain itu, pori-pori pada wajah pun sedikit lebih besar dan rentan terhadap timbulnya jerawat.



2. Kulit Kering
Terkadang orang sulit membedakan antara kulit kering dan kulit dehidrasi. Kulit kering biasanya terasa kasar dan kaku karena kulit kekurangan lipid atau asam lemak. Biasanya kulit kering dapat diatasi dengan mengonsumsi asam lemak esensial seperti makanan yang mengandung banyak Omega-3 dan Omega-6.

Kalau kulit dehidrasi adalah kulit yang kekurangan cairan sehingga sering kali terasa agak ketat dan memiliki garis-garis halus. Dehidrasi dapat dialami oleh semua jenis kulit akibat kurang mengonsumsi air putih.



3. Kulit Kombinasi
Orang yang berkulit kombinasi berarti memiliki beberapa bagian kulit yang tergolong berminyak, namun pada bagian lainnya tergolong kering. Biasanya pada zona T (dahi, hidung, bibir, dan dagu) adalah bagian kulit berminyak, dan daerah pipi tergolong kering. Gunakanlah dua jenis pelembab yang berbeda, yakni yang lebih ringan pada zona T dan jenis lainnya pada bagian pipi.



4. Kulit Sensitif
Bagi Anda yang memiliki kulit sensitif harus ekstra hati-hati pada pemakaian parfum, pewarna bibir, dan produk make-up lainnya. Kulit sensitif umumnya memiliki struktur kulit yang sangat tipis dan mudah iritasi.



5. Kulit Normal
Jenis kulit ini merupakan jenis kulit yang paling ideal karena tidak tergolong dalam kulit kering, berminyak, ataupun sensitive. Ciri khas kulit normal adalah permukaan pada kulit terasa lembut, halus, dan elastis.

Powered by Blogger.