-->

Waspada, Kekurangan Nutrisi Picu Masalah Gigi dan Mulut



Gigi dan mulut tidak hanya berfungsi sebagai alat pencernaan, namun juga menjadi gerbang masuknya nutrisi sehingga menjadi penentu kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Karena itu, kondisi kesehatan gigi sangat berpengaruh dengan banyak atau sedikitnya asupan nutrisi tubuh. Hal tersebut juga diungkapkan oleh drg. Udijanto Tedjosasongko, Sp.KGA(K), Ph.D..



BACA JUGA : Waspada, Ternyata Bau Badan Juga Bisa Menjadi Indikasi Penyakit Berbahaya, Baca Disini

Ketua Persatuan Dokter Gigi Anak Indonesia Pusat ini menjelaskan beberapa contoh seperti masalah gigi pada anak. Anak yang sering mengalami masalah gigi, sering merasa sakit, pada akhirnya tidak bisa mengkonsumsi makanan yang menjadi kebutuhan utama anak dalam masa tumbuh kembangnya.

"Seandainya ada problem bawaan penyakit sistemik pada seseorang bisa menjadi fatal apabila ada masalah gigi. Misalnya kelainan jantung, bila dalam rongga mulut ada lubang bahkan sampai abses, kalau tidak dirawat maka bakteri di gigi akan terbawa sampai ke pembuluh darah dan sampai ke jantung. Akibatnya bisa lebih parah," ujar Udi.

Selain itu, menyangkut masalah pencernaan, jika terjadi masalah rongga mulut yang mengakibatkan proses pencernaan di rongga mulut tidak berjalan dengan baik, maka tugas lambung akan menjadi lebih keras. Efeknya, masalah yang tidak boleh muncul di lambung terjadi akibat pencernaan tidak sempurna di rongga mulut.

"Jadi gigi bisa menyambung kemana-mana. Organ apapun dalam tubuh pasti terhubung dengan gigi," ujar Udi  menambahkan.
Powered by Blogger.