-->

Tak Perlu Takut Makan Tengah Malam, Inilah Makanan yang Punya Manfaat DIkonsumsi Larut Malam



Makan di atas jam delapan malam menjadi momok bagi mereka yang tengah menjalani program diet penurunan berat badan. Namun, sebenarnya kebiasaan makan di atas jam delapan ini tidak berbahaya jika dilakukan secara sehah. Melainkan justrubisa memberikan sederet manfaat untuk tubuh.


BACA JUGA : Jangan Sampai Salah, Inilah Waktu yang paling Tepat Menggunakan Deodoran
Dilansir dari laman Live Strong, mengonsumsi protein yang tepat di malam hari, bisa membantu pembentukan otot saat tidur dan mengontrol gula darah di keesokan harinya. Berikut makanan yang bisa Anda nikmati di malam hari tanpa takut mengalami kenaikan berat badan.

Dark chocolate

Cokelat sering dianggap sebagai makanan yang dihindari untuk dikonsumsi di malam hari, namun tidak semua cokelat demikian. Terdapat perbedaan kadar nutrisi yang cukup besar antara permen cokelat atau cokelat manis dengan dark chocolate atau cokelat hitam murni.

Cokelat hitam mengandung lebih sedikit gula tambahan dan kaya antioksidan sehingga baik untuk menurunkan tekanan darah, meningkatkan sensitivitas insulin, mengatasi inflamasi dan memperbaiki suasana hati. Oleh karena itu, coklat hitam bisa menjadi pilihan untuk dinikmati di malam hari (disarankan yang mengandung kakao sebanyak 70 persen atau lebih).

Es stroberi dan pisang

Es krim tentu menjadi pilihan yang menyenangkan, namun jangan sampai Anda mengonsumsi lebih dari 200 kalori es krim di malam hari. Salah satu alternatif terbaik untuk menggantikan es krim adalah membuat es pisang.

Caranya adalah dengan mendinginkan dua buah pisang matang dan satu cangkir buah stroberi. Ketika sudah dingin, haluskan keduanya hingga kepadatannya menyerupai es krim dan jangan tambahkan gula.

Madu dan susu hangat

Susu hangat sudah dikenal sebagai 'obat' yang mampu membuat tidur menjadi lebih nyenyak. Namun, susu mengandung asam amino yang bisa mengganggu manfaat susu untuk otak. Oleh karena itu, menambahkan madu pada susu akan menambahkan rasa manis dan menstimulasi hormon serotonin yang membuat tidur Anda semakin nyenyak.

Keripik kangkung atau bayam

Keripik dari sayuran hijau bisa menjadi pengganti camilan yang tentu saja jauh lebih sehat. Keripik ini mengandung lebih sedikit kalori dan lemak ketimbang keripik kentang biasa. Selain itu, keripik ini juga mengandung vitamin K, A dan C, serta kandungan karotenoid yang ampuh menyerang sel kanker.

Almond

Kacang selama ini menjadi 'musuh' bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan karena kandungan lemaknya yang tinggi. Namun, sebuah studi tahun 2012 yang dipublikasikan di American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi almond mengalami penurunan berat badan dalam waktu 18 bulan ketimbang mereka yang tidak mengonsumsi almond sama sekali.
Powered by Blogger.