Mitos Atau Fakta?, Mobil offroad (4WD) Tidak Bisa Ngebut. Baca Disini



Memiliki sebuah mobil belum tentu menjadikan sang pemilik paham mengenai semua fitur-fiturnya. Salah satu yang kerap tidak diketahui oleh pengguna mobil yaitu dalam menggunakan sistem penggerak roda pada kendaraan. Sistem penggerak roda sendiri terbagi menjadi dua, pertama 2WD atau two wheel drive dan 4WD atau four wheel drive (4x4). Umumnya, mobil yang memiliki sistem gerak 2WD berjenis sedan, MPV, SUV.


BACA JUGA : Paling Murah, Wisata Kuliner Kota Malang Jawa Timur. Baca Disini!

Sedangkan untuk mobil yang menggunakan gerak 4WD biasanya adalah jenis mobil yang biasa digunakan untuk melintas di jalur off-road atau non aspal.

Menurut Momon S. Maderoni dari Tim Indonesia Smart Drive Vehicle Managementnya Consulting, ada beberapa anggapan salah dalam menggunakan mobil berpenggerak 4WD. "Akibatnya, kopling cepat habis, seperti saat mobil digunakan dalam tanjakan, mobil digas secara dalam, sebenarnya itu tidak perlu. Dengan menggunakan 4WD akan membuatnya lebih mudah," kata Momon. Dikutip dari Viva

Padahal, lanjut Momon penggunaan 4WD dimaksudkan untuk menjaga mobil lebih aman saat di jalanan off-road dan menjaga bahan bakar lebih awet karena tidak bermain rpm tinggi. "Rpm itu merupakan alat untuk menunjukan banyaknya pembakaran mobil," ujarnya.

Lantas apa saja anggapan salah dalam menggunakan transmisi 4WD? Dikatakan Momon, pertama pengguna mobil terkadang berpikir dengan menggunakan sistem transmisi 4WD, mobil akan cepat rusak. Padahal tidak. Justru dengan tidak menggunakan 4WD justru memaksakan mesin.

Kedua, kata Momon, penggunaan 4WD setelah mobil mengalami jatuh ke lubang yang dalam, itu juga salah. "Harusnya, sebelum menanjak atau dalam keadaan sebelum jatuh terperosok ke lubang itu baru digunakan, supaya preventif," ujarnya.

Ketiga, anggapan salah dalam menggunakan transmisi 4WD yaitu banyaknya pengguna yang menilai dengan menggunakan 4WD, perpindahan transmisi hanya berpacu pada dua gigi saja, gigi satu dan dua. "Terakhir, ada yang bilang tidak bisa ngebut, enggak juga. Padahal kan bisa juga memacu dengan kecepatan tinggi, kan kapasitas mesinnya saja besar."
Powered by Blogger.