-->

Inilah tips tips yang tepat dilakukan ketika baterai lowbat



Hampir semua kalangan masyarakat memiliki smartphone berbasis Android. Namun, sebagai pengguna tak jarang dari mereka mengeluh karena boros baterai meski didukung kapasitas yang besar.

Baterai bisa terkuras salah satu penyebabnya adalah beragam aplikasi yang instal dan berjalan pada background process. Selain faktor akses internet, komponen hardware juga berpengaruh ketika ponsel bekerja dalam pemrosesan.

Kendati demikian dilansir dari Pcmag, berikut ini beberapa tips dan solusi agar baterai awet dan hemat yang patut disimak di antaranya:

1. Setting Aplikasi 

Arahkan ke menu Settings -> Battery untuk melihat rincian aplikasi mana yang mengonsumsi baterai ponsel. Rata-rata aplikasi yang menguras daya baterai sangat besar adalah aplikasi social media dan chating, jadi lebih baik matikan atau disable saja aplikasi yang tidak bisa dipakai.

2. Hentikan Email, Twitter, dan Facebook 

Beberapa aplikasi bisa mengonsumsi daya baterai yang tinggi. Untuk sementara waktu, hentikan terlebih dahulu beberapa aplikasi seperti email, Twitter atau Facebook. Dengan begitu, pengguna akan langsung memperpanjang hidup baterai di perangkat Anda.

3. Notifikasi 

Dengan menonaktifkan notifikasi merupakan langkah penting untuk menjaga agar baterai Android tetap awet. Sebab setiap notifikasi tidak penting dari aplikasi atau game rata-rata terhubung dengan internet, sehingga akan menyedot daya baterai.

4. Pakai Mode Hemat Daya Tambahan 

Dengan menggunakan fitur power saving dan power saving mode ekstrem, memungkinkan smartphone lebih tahan lama saat di kondisi lowbat. Fitur ini biasanya aktif saat persentase baterai tinggal beberapa persen lagi.

5. Home Screen Widgets dan Live Wallpaper

 Fitur live wallpaper akan menyedot baterai secara cepat, sehingga daya tahan baterainya akan berkurang. Maka dari itu, agar baterai awet, disarankan memakai wallpaper statis atau tidakbergerak.

5. Kecerahan Layar 

Mengatur kecerahan layar sangat efektif untuk menghemat daya baterai Android. Semakin terang layar, maka semakin besar baterai yang disedot, terlebih layar tersebut memiliki resolusi full HD atau quad HD.

6. Matikan WiFi 

Agar tidak menguras baterai, dan cepat habis, gunakan koneksi WiFi seperlunya saja. Kalau sudah selesai matikan WiFi, dan disarankan menggunakan jaringan 3G atau 4G. Cara ini dinilai penting, sebab secara otomatis akan terus mengurangi daya baterai yang cukup besar.

7. Perbarui Aplikasi 

Aplikasi sering mendapatkan update untuk menggunakan daya baterai lebih sedikit. Jika mendapat laporan untuk segera meng-update, maka disarankan segera memperbarui aplikasi.
Powered by Blogger.