-->

Ini rempah rempah yang berkhasiat tinggi untuk mengobati batuk kering



batuk tidak selalu harus langsung minum obat, termasuk batuk kering. Anda bisa membuat ramuan alami dari bahan rempah-rempah untuk mengobati batuk kering.

Menurut seorang konsultan kesehatan Dr Parul R Sheth yang pernah dikutip laman Timesofindia, batuk kering bisa terjadi terus-menerus dan berulang.

Sebenarnya, hal ini merupakan cara tubuh untuk membersihkan saluran udara dengan memaksakan mengeluarkan benda atau atau zat berbahaya.

Mungkin juga, batuk kering disebabkan oleh alergi karena menghirup asap rokok, debu, bahan kimia rumah tangga, perubahan iklim, dan polusi. Bahkan, penyebab berat batuk kering mengalami bronkitis akut, asma, masalah paru-paru, infeksi virus, dan radang tenggorokan. Gejalanya, batuk kering tidak memiliki dahak.

Kita cenderung ingin batuk secara terus-menerus karena seolah-olah merasakan sesuatu terjebak dalam tenggorokan. Apalagi jika tengah malam, batuk pun tak akan putus.

Ini merupakan terjadinya pembengkakan laringitis atau infeksi laring yang memberikan efek sakit tenggorokan dan sulit bernapas. Untuk pengobatan, biasanya Anda akan langsung membeli obat di warung karena mudah dijangkau.

Tetapi, sebenarnya Anda bisa memanfaatkan rempah-rempah yang juga mudah didapatkan, karena biasa digunakan pula untuk bahan memasak. Kini, tidak hanya dimanfaatkan sebagai bahan masakan, rempah-rempah juga bisa menjadi ramuan alami untuk mengobati batuk kering.

 Berikut rempah-rempah untuk mengobati batuk kering yang dilansir dari laman Boldsky:

1. Kunyit 

Kunyit memiliki efek terapi mengobati batuk, terutama batuk kering. Panaskan setengah cangkir air dan tambahkan satu sendok teh bubuk kunyit dan lada hitam. Tambahkan beberapa batang kayu manis dan didihkan. Anda juga dapat menambahkan beberapa madu dan minum ramuan ini setiap hari. Anda juga dapat menggiling kunyit menjadi bubuk halus dan minum dengan air serta madu.

2. Jahe 

Masukan potongan jahe ke secangkir air dan didihkan. Minum ramuan alami ini tiga sampai empat kali dalam sehari. Sakit tenggorokan akan pulih dan batuk kering pun terobati. Tambahkan jus lemon dan madu agar lebih berkhasiat.

3. Bawang 

Campurkan satu sendok teh jus bawang merah dengan madu murni. Minum ramuan alami ini dua kali sehari untuk mengobati batuk kering yang menyiksa.

4. Bawang putih

 Bawang putih memiliki sifat antibakteri yang dapat mengobati batuk. Rebus 2 sampai 3 siung bawang putih dan tambahan ekstrak daun oregano. Anda juga bisa menambahkan madu untuk meminum ramuan alami ini. Selamat mencoba!
Powered by Blogger.