-->

5 Kabupaten Terbaik Dalam Implementasi Perda Bangunan Gedung


Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat / PUPR mendorong pelaksanaan Peraturan Daerah / Perda Bangunan Gedung di kabupaten atau kota. Untuk tahun ini, pemerintah pusat melakukan pendampingan terhadap 71 kabupaten atau kota yang memiliki Perda Bangunan Gedung.

Sebanyak 5 kabupaten dan kota ditetapkan memiliki kinerja yang terbilang efektif dalam mengimplementasikan Perda Bangunan Gedung pada 2015 dan 2016, daerah tersebut di antaranya adalah Kota Banjarmasin, Kota Banjarbaru, Kota Bandung, Kabupaten Gresik, dan Kabupaten Marauke.

BACA JUGA : Diduga karena Asap Fogging,Puluhan Santri Tambakberas Keracunan.

"Implementasinya salah satunya menerbitkan izin mendirikan bangunan / IMB dan sertifikat layak fungsi (SLF), indikator penilaiannya subtansi kecepatan dan ketepatan implementasinya di setiap daerah," kata Direktur Bina Penataan Bangunan Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR Adjar Prajudi, sebagaimana dilansir dari Okezone.

Sementara itu Bupati Marauke Frederikus Gebze menilai, keberadaan Perda Bangunan Gedung sangat penting dalam rangka penataan kota, Namun sebelum itu diimplementasikan, hal yang paling penting menurut dia, ialah mengubah paradigma dalam menerapkan pelayanan publik kepada masyarakat. "Seperti memfasilitasi masyarakat dapat hak untuk IMB sehingga bisa memahami bahwa tidak hanya bangun tanpa memperhatikan tata letak, makanya Perda Bangunan Gedung kita implementasikan," ujarnya.
Powered by Blogger.