-->

Yang Tradisional Di Tinggal, Kini Bisnis Startup Semakin Menjamur di Indonesia


Semakin menjamurnya bisnis start up didasari karena semakin banyak perusahaan mapan mengurangi karyawan, sehingga bermunculan pula pengusaha baru. Perusahaan barupun didukung oleh pemerintah yang menggelakkan wirausaha.umumnya perusahaan start up dicirikan sebagai perusahaan yang berdirinya baru sekitar 0 hingga 2 tahun, jam kerjanya yang fleksibel, dan karyawan yang kurang dari 10 orang. Dengan pendirian perusahaan baru, para pendiri, serta pemilik, haruslah meyakinkan dirinya bahwa apa yang telah dilakukannya adalah benar. Pendiripun harus berbagi visi bersama karyawan serta memastikan bahwa karyawannya mempunyai visi yang sama. Harus mempunyai tingkat kepercayaan antara satu dengan yang lainnya. Karena, meskipun nantinya tidak sedang berada di dalam satu kantor, semuanya akan tetap melaksanakan pekerjaan dengan tujuan untuk mengembangkan perusahaan. Semuanya harus dengan sukarela untuk mengerjakan semua pekerjaan yang memang harus diselesaikan. Kesadaran bahwa pekerjaan ini adalah milik bersama serta tanggung jawab bersama demi mencapai sebuah hasil.

BACA JUGA : Inilah 10 mitos yang sering kita dengar tentang dunia desainer grafis

Sesungguhnya, di awal tahap tidak akan semudah seperti yang dikatakan di atas. Anda harus mengetahui terlebih dahulu seluk beluk dari bisnis anda, serta besar pasarannya. Jika anda pengusaha pemula ataupun sudah pernah punya usaha bukanlah sebuah masalah. Jika anda sudah pernah punya usaha berarti anda punya pengalaman yang bisa dimanfaatkan, namun jika belum anda dapat melakukan berbagai cara untuk dapat mengelola perusahaan anda serta tentunya menanggung resiko nantinya. Kiatnya anda haruslah siap secara fisik dan mental. Anda harus mau berususah payah untuk mencapai keberhasilan.

Walaupun bisnis startup semakin menjamur di Indonesia, tidak semua usaha tersebut bisa berjalan dengan mulus. Nah, pada saat seperti inilah komitmen dalam sebuah tim akan diuji. Siapa yang terus mendukung dan setia untuk membangun perusahaan yang tentunya belum ada kepastian masa depannya bagaimana.

Adanya gejolak dari perekonomian dunia juga turut mempengaruhi adanya bisnis startup semakin menjamur di Indonesia. Sehingga, pada umumnya sebuah perusahaan startup bersifat dinamis, dapat beradaptasi dengan mudah terhadap perubahan yang ada, serta inovatif. Bukan hal yang mudah menghadapi ketidakpastian karena memang tidak semua orang bisa dipengaruhi. Semua pihak haruslah saling mendukung. Keterbukaan dan komunikasi antar tim pioneer harus selalu dilakukan.

Selain itu, supaya adanya transparansi dan kieterbukaan perkembangan perusahaan yang selalu update oleh semu orang, komunikasi harus selalu dijaga keberlangsungannya dengan tim. Baik dengan cara rapat yang rutin diadakan, ataupun bentuk pertemuan yang informal lainnya, seperti melalui dunia maya.

Banyak sekali bisnis startup yang terus saja berkembang, namun tidak sedikit juga yang tumbang. Founder harus menyadari bahwa saat perusahaan mulai berkembang serta merekrut orang luar, tidak semua karyawan yang mempunyai komitmen sama. Jangan sampai anda terlalu cepat memecat karyawan yang dianggap kurang memuaskan anda.

Seorang founder haruslah yakin karyawan yang telah direkrut mempunyai tekad yang kuat untuk mensukseskan bisnis tersebut. Harus selalu diinformasikan kepada karyawan bahwa mereka akan selalu ada di zona yang tidak nyaman. Karena perusahaan yang masih mencari kesesuain bentuk, akan selalu ada perubahan yang terjadi.

Karyawan juga harus diajarkan untuk bekerja secara mandiri. Tanpa terpaku pada job yang tertulis serta jabatan, seorang karyawan harus mau mengerjakan berbagai hal. Karyawan juga harus mampu menyelesaikan sebuah tugas tanpa harus diawasi. Rasa tanggung jawab untuk tugasnya masing-masing sangatlah penting. Komunikasi dengan bertukar pikiran untuk mencapai kemajuan tanpa harus saling menyalahkan, sehingga jika terjadi masalah akan didapatkan solusi terbaik demi kemajuan perusahaan.

sumber : trend
Powered by Blogger.