-->

Harus Tau, Tips Sehat dan Mudah Untuk Programer


 
Programmer dianggap sebagai pekerjaan yang tidak berbahaya untuk dijalani. Cukup mengejutkan ketika banyak programmer yang menderita masalah kesehatan. Sebagai seorang programmer memang setiap hari harus duduk di depan meja komputer, meskipun hal ini tidak mungkin membunuhmu. Tetapi peneltian menunjukkan bahwa duduk dengan jangka waktu yang lama membuat kamu tidak sehat.

Namun yang jadi permasalahan bagaimana cara menjaga kesehatan untuk seorang programmer, berikut 7 tips yang bisa kalian ikuti:

1. Olahraga Teratur



Berolahraga secara teratur adalah sesuatu yang paling banyak diabaikan maupun dilupakan oleh seroang programmer. Tidak perlu berolahraga yang berat-berat, cukup bersepada maupun berjalan kaki setiap hari secara teratur akan mampu membuat tubuh kamu merasa sehat, bugar, dan tetap fokus. Selain itu tubuh yang sehat akan membuat mental menjadi lebih tangguh dan menghindari stres saat bekerja.

BACA JUGA :  Untuk Para Ladies Wajib Tahu, Beragam Trik Kecantikan yang Berbahaya Jika Dilakukan Sendiri

Repetitive Starain Injuries (RSI) atau kesemutan sering dialami oleh seorang programmer. Penyakit ini mengakibatkan otot-otot dari sebagian tubuh kita tegang dan akan mengakibatkan rasa sakit. Terdapat beberapa teknik yang bisa kamu gunakan untuk mencegah RSI atau kesemutan seperti duduk dengan posisi yang benar, istirahat, dan relaksasi.

2. Menjaga Waktu Tidur




Programmer dalam usia remaja cenderung berfikir bahwa tidak ada yang bisa mengehentikannya untuk menaklukan dunia, sehingga mengakitbatkan jam tidur mereka terganggu. Namun, semakin bertambahnya umur bergadang (tidur larut) dapat mengganggu kesehatan kamu. Tidur adalah sesuatu yang dibutuhkan tubuh kamu untuk memulihkan kondisi setelah seharian bekerja untuk tetap bugar. Tubuh menggunaan tidur untuk mengatur ulang otak kamu yang dan memperbaiki kerusakaan yang telah terjadi pada siang hari.

Penelitian menunjukkan bahwa mendapatkan waktu tidur yang cukup, secara signifikan dapat meningkatkan fokus pada siang hari, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan bahkan dapat meningkatkan daya ingat kamu.  Setiap orang membutuhkan waktu tidur setidaknya 8 jam setiap hari. Mengejar ketinggalan tidur dihari lain sebenarnya tidak berpengaruh bagi kebugaran kamu. Sebagai contoh, kamu hanya memiliki 6 jam waktu tidur pada hari senin, kemudian kamu mengambil waktu tidur 10 jam dihari selasa. Hal ini tidak akan berpengaruh bagi kamu. Namun, hal yang perlu diingat untuk menjaga waktu tidur adalah secara konsisten 8 jam sehari atau bisa dikatakan tidur teratur.

3. Menjaga Postur Tubuh



Postur tubuh yang buruk menjadi masalah umum yang sering terjadi. Hal ini disebabakan karena kita kurang menjaga postur tubuh bekerja. Duduk dalam waktu yang lama memang tidak sehat. Beberapa programmer mengatasi masalah ini dengan menggunakan meja berdiri atau menggunakan meja yang dilengkapi treadmill untuk berjalan.

Membakar kalori merupakan Keuntungan utama menggunakan meja berdiri atau meja treadmill. Namun, cara seperti ini juga dapat menjaga tingkat metobalisme dalam tubuh ke tingkat metabolisme basal.

4. Kurangi Mengkonsumsi Kafein



Kopi memang tidak bisa lepas dari seorang programmer. Minuman yang satu ini biasanya digunakan seorang programmer untuk tetap menjaga mata agar tidak mengantuk. Namun, ada juga yang menganggap kafein menjadi bahan bakar dalam tubunya.

Sebenernya kafein tidak lebih dari sebuah molekul yang berintaraksi langsung dengan sistem saraf pusat pada otak manusia. Mengkomsusi kafein sebenarnya juga tidak terlalu berbahaya bagi tubuh manusia. Tetapi sebaiknya kamu mulai dari sekarang mengurangi untuk meminum kafein, agar dapat merasakan tidur yang lebih banyak.

5. Seimbangkan Antara Pekerjaan dan Kehidupan



Sebagai seorang programmer mungkin kamu sulit untuk menemukan keseimbangan dalam hidup. Mungkin kamu selalu berfikir untuk bertanggung jawab terhadap pekerjaanmu, sehingga kamu secara tidak sadar telah membuang kehidupanmu.

Setiap orang membutuhkan waktu untuk bersantai untuk membantu mengisi ulang energi yang ada dalam tubuh kamu. Luangkanlah waktu untuk berkumpul dengan keluarga tanpa tertangganggu oleh pekerjaan dan singkirkan laptop maupun ponsel yang ada di dekatmu. Hal ini benar-benar akan membuatmu lebih segar menjalani hari berikutnya.

6. Mengatur Pola Makan



Terkadang pola makan yang sehat sering diabaikan oleh seorang programmer. Secara sadar sebaiknya kamu harus memulai belajar mengatur pola makan yang sehat seperti mulai memperhatikan kapan kamu makan dan apa yang kamu makan.

Cobalah dari sekarang mulai rutin mengambil sarapan pagi dan istirahat sejenak saat makan siang. Selain itu berhentilah untuk minum kopi hitam pada siang hari, karena minuman ini tidak mengandung kalori. Tidak makan terlambat dan berlebihan pada malam hari aan membuat tidur kamu nyenyak, karena tubuh tidak akan memproses makanan saat kamu tidur.

7. Lepaskan Fikiranmu Dari Komputer



Komputer ibarat belahan hati seorang programmer yang membuat dia tidak mampu untuk meninggalkannya. Cobalah untuk sejenak mematikan dan meninggalkan komputer kamu untuk pergi keluar rumah seperti berjalan-jalan kepantai, hutan, atau taman. Menikmati alam dan lingkungan sangat penting untuk menyegarkan fikiran kita.
Powered by Blogger.