-->

Anda Mengalami Migrain, Jangan Disepelekan


  Salah satu menghindari serangan migrain adalah dengan mengetahui apa saja penyebab serangan. Maka penting itu kita ketahui apa saja penyebab terajadinya migrain. Menghindari pemicu berarti memperbesar kemungkinan terkena migrain. Beberapa penyabab dari migrain antara lain:

1. Perubahan Hormon Estrogen

Hormon estrogen yang banyak terdapat pada wanita dapat menyababkan migrain. Khususnya pada saat jumlah estrogen tidak sabil, misalnya pada saat sebelum dan selama masa haid, selama masa kehamilan, saat sedang menjalani terapi hormon semua itu juga bisa menjadi pemicu terjadinya migrain.

2. Stimulasi Indra Tubuh
Cahaya yang terlalu terang, suara terlalu keras, atau bau menyangat tertentu seperti bau parfum dan asap rokok dapat menjadi penyabab terjadinya migrain

3. Perubahan Cuaca
Perubahan cuaca yang ekstem atau tidak menentu serta perubahan tekanan udara dapat menjadi penyebab terjadi migrain.

4. Pola Tidur Kurang Baik
Tidur yang baik adalah selama 7-8 jam setiap malam. Jika jangka waktu tidur sebentar bahkan tidur terlalu lama bisa membuat anda menjadi migrain. Jika anda baru bepergian, jet lag juga bisa mejadi faktor pemicu terjadinya migrain.

5. Kelelahan
Berolahraga atau melakukan aktivitas terlalu berat bagi fisik, biasanya dapat memperbesar kemungkinan terkena migrain.

6. Makanan Dan Minuman
Kandungan yang terdapat pada makanan maupun minuman bisa menjadi penyebab. Contohnya seperti
minuman beralkohol yaitu bir dan wine atau juga bisa minuman yang mengandung kafein yang terlalu tinggi
yang terdapat pada kopi, sebaiknya minuman tersebut dihindari. Mengkonsumsi makanan yang banyak MSG atau pengawet juga merupakan penyebab terkena migrain.

  Pemicu di atas adalah pemicu yang umum dari migrain. Tetapi tidak mejamin merupakan pemicu dari migrain Anda karena penyebab migrain tiap orang berbeda-beda.


Cara Mengobati Migrain :


Langkah pertama saat migrain menyerang adalah usahakan anda tenang dan rileks menenangkan pikiran. selanjutnya sediakan es batu dan kain, lalu es batu tersebut bungkus dengan kain tadi, biarkan sampai kain itu terasa agak dingin. Bila sudah, lepas kain itu dari es batu, lalu kain tersebut letakkan di belakang kepala. Kemudian lakukan pijatan lembut di kepala.
Jika anda sering terkena migrain, sebaiknya anda lakukan konsultasi ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat. Jalani pola hidup sehat dan menghindari penyebab terjadinya migrain agar migrain tidak menghampiri.
Powered by Blogger.