-->

RAMADHAN 2016 : 4 Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Jalani Puasa


Dalam hitungan minggu, umat Muslim di dunia akan segera melaksanakan puasa Ramadhan. Namun, bagi orang yang bekerja sambil berpuasa tentulah tidak mudah.

Oleh karena itu, agar puasa berjalan lancar dan mendapatkan manfaatnya, pastikan Anda melakukan berbagai macam persiapan. Salah satunya, memeriksakan kesehatan.

Berikut beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum menjalani puasa.

1. Konsultasi dokter

Puasa dipercaya menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan. Namun, bagi Anda yang memiliki penyakit seperti diabetes, tekanan darah tinggi atau refluks, sebaiknya berkonsultasi ke dokter sebelum menjalani puasa.

Baca Juga : HEBOH !! Foto Status FB Perempuan Ini Hina Orang Jawa , JANGAN DITIRU !!

2. Sahur

Agar tidak lemas menjalani puasa seharian, pastikan Anda tidak melewatkan sahur. Perbanyak mengonsumsi makanan serat, seperti buah dan sayur dipercaya akan memberikan energi untuk beraktifitas.

Sementara untuk minum, pakar Geriatri dari Divisi Geriatri Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI/ RSCM Dr. Purwita, Sp.PD-KGer menyarankan untuk mengonsumsi empat gelas air putih saat sahur. Agar tidak cepat haus dan lemas, hindari mengonsumsi teh dan kopi.

Baca Juga : Heboh !! Warga Kampung Digegerkan dengan penemuan mayat perempuan tanpa busana di sebuah kontrakan.

3. Tidak mengonsumsi gorengan

Gorengan menjadi salah satu makanan yang kerap hadir selama berbuka puasa. Sayangnya, makanan ini tidak dianjurkan untuk dikonsumsi. Pasalnya, gorengan mengandung banyak lemak. Sementara, saat puasa seseorang akan kehilangan banyak karbohidrat, protein dan air, namun tidak untuk lemak.

Akibatnya, mengonsumsi gorengan selama puasa bisa menambah lemak. Tak heran jika banyak yang mengalami kenaikan berat badan selama puasa.

Baca Juga : SUBHANALLAH, VIDEO DETIK-DETIK ROBOHNYA SEORANG USTADZAH SAAT MEMBACA YASIN

4. Mengatur jam istirahat

Istirahat yang berkualitas baik untuk kesehatan. Apalagi saat puasa, Anda akan bangun lebih awal untuk sahur. Karena itu, pastikan tidur malam Anda lebih cepat. Selain itu, tidur siang 30 menit juga diklaim bisa menambah energi saat berpuasa.

Powered by Blogger.