Memori Card Tidak Terbaca Jangan Terburu Buru Membuangnya

Memory card rusak karena corrupt atau tidak terbaca di Hp, wah.. bisa bikin stress dan mati kebingungan karena data yang ada di dalamnya begitu sangat penting, meskipun kini harga memory card mmc begitu sangat murah bukan berarti kita kalau ada kerusakan pada mmc lantas membuangnya begitu saja, kalau memang masih dapat di perbaiki kenapa tidak ??, selain itu tentunya kalau kita beli lagi yang baru sayang kan data penting yang ada di dalamnya, akan sangat merugikan jika data yang kita simpan begitu saja.


Nah beberapa cara berikut ini mungkin sangat anda butuhkan jika terdapat masalah ini terjadi pada anda, cara berikut dapat di gunakan untuk segala jenis memory card, baik memory card pada anroid, blackberry, kamera digital maupun handycam, jika cara restore data yang saya bagikan ini begitu sangat bermanfaat dan berguna, maka berjanjilah pada diri anda sendiri untuk membaca artikel ini dengan tuntas dan ikuti langkah langkah untuk memperbaiki memory card anda.


A. Beberapa Hal  yang harus di siapkan :
Kabel Data USB
Card Reader.
Laptop.
Camilan.
Teh Atau Kopi.
Sedikit Santai :D.

1. Cara pertama
Matikan handphone anda, lalu keluarkan memory card dari slotnya, setelah terlepas bersihkan lempengan tembaga yang berwarna kuning dengan penghapus pensil, gosok perlahan saja hingga bersih. Jika sudah bersih masukan lagi memory card pada slot memory yang ada di hp anda, setelah itu nyalakan kembali hp anda, lalu cek di file managemen yang ada di dp anda jika data sudah dapat terbaca maka selamat anda berhasil, jika data masih
tidak dapat terbaca maka cara kedua harus di tempuh.

2. Cara kedua
Nyalakan laptop atau komputer dan siapkan kabel data USB, setelah itu colokan kabel data ke HP anda, dan pastikan Hp sudah tersambung ke PC atau laptop, lalu buka file explorer yang ada di Pc atau laptop,
klik kanan pada drive memory card anda,
masuk menu properties,
lalu Tools,
Error Checking ,
Centang kedua pilahan yang ada lalu tekan start, , tunggulah hingga proses selesai.
Setelah selesai cek data yang ada di dalam memory card, selamat data anda sudah kembali jika ternyata masih bandel juga lanjut deh cara ketiga siapa tahu dapat kembali normal.

3. Cara Ketiga
Bila kartu memory anda benar benar masih bermasalah, umumnya akan ada pesan yang muncul dan pemberitahuan bahwa memorycard anda telah rusak, namun bila memory card dapat terbaca di dalam Hp namun data yang ada tidak dapat di tampilkan maka langkah yang terakhir ini mungkin dapat membantu, kita akan coba memperbaikinya dan sedikit bumbu optimis semoga dapat berjalan lancar, amin.
Buat folder baru di laptop anda berikan nama Backup MMC, folder yang baru anda buat ini nantinya untuk membackup data yang ada di memory card anda, copy semua data yang ada pada memory ke folder yang baru anda buat, tunggu hingga proses copy selesai, setelah semua selesai lakukan format ada memorycard HP, dengan cara :
Klik kanan pada drive memory card,
Pilih menu format,
Lalu pilih dan centang pada menu FAT16
Kemudian klik Start, tunggu proses selesai.
Jika sudah selesai klik close untuk mengakhirinya
Setelah semua proses di lalui copy lagi semua data yang telah kita backup untuk di kembalikan ke memory card, coba cek semua data di dalamnya, whhoo data yang tadinya tidak dapat dibaca di HP kini sudah kembali normal . cukup mudah bukan jadi jangan buru buru beli memory card baru yah.

4. TIPS
Untuk menjaga memory card tetap awet dan data yang ada di dalamnya selalu aman, maka rutinkan untuk membackup data yang ada di dalam memory ke dalam pc atau laptop jadi suatu saat jika memory card Hp rusak kita tidak di bingungkan lagi dengan data yang ada di dalamnya.

Powered by Blogger.