-->

5 Tips Menghadapi Mahalnya Harga Rumah

Semakin bertambahnya waktu fenomena naiknya harga jual rumah di Indonesia sangatlah ramai diperbincangkan masyarakat umum. Betapa tidak, karena rumah adalah sebuah hal yang wajib dimiliki bagi setiap orang khususnya bagi yang sudah berkeluarga, oleh karena itu ibarat organ tubug rumah adalah bagian vital yang tidak dapat di tawar-tawar lagi keberadaanya.

Melihat fenomena harga tanah yang tinggi di kota pinggiran, apa yang bisa kita lakukan sebagai konsumen? Berikut kami berikan sedikit 5 Tips Menghadapi Mahalnya Harga Rumah yang kami kutip dari okezone.com bagi anda yang ingin memiliki rumah dengan cost rendah.


1. Cari area satelit lainnya

“Membeli properti artinya Anda harus fleksibel menemukan rumah impian di lokasi manapun. Lambat laun perkembangan kota akan bergeser ke seluruh penjuru area pinggiran. Dengan begitu Anda akan mendapatkan keuntungan investasi yang menggiurkan dalam beberapa tahun ke depan.” Capital gain tersebut bisa Anda gunakan untuk membeli rumah di lokasi idaman dalam satu sampai tiga tahun kedepan. 

2. Hunian kecil

Bagaimana dengan opsi tinggal di rumah berukuran mungil? Ya, rumah sederhana tentu memiliki banderol harga yang jauh lebih terjangkau ketimbang membeli rumah modern dua lantai. Opsi hunian kecil juga bisa berlaku bagi Anda yang berencana tinggal di apartemen. Dengan begitu Anda bisa tinggal di lokasi idaman dengan harga yang lebih terjangkau.

3. Beli rumah seken

Mungkin tidak semua orang bisa mengadaptasi cara ini, karena menemukan rumah seken susah susah gampang. Belum lagi biaya renovasi yang harus digelontorkan sebelum rumah siap ditempati. Meski begitu, cara ini bisa dicoba jika Anda menemukan penawaran harga yang pas.

4. Tunggu waktu yang pas

Jika Anda tidak terburu-buru dalam membeli rumah, ada baiknya Anda menunggu momen yang pas untuk membeli rumah di lokasi yang diinginkan. Sementara menunggu, Anda bisa menambah jumlah tabungan untuk membayar uang muka dan menunggu ada promo atau momen beli properti yang pas.

5. Tanya ke diri sendiri

Hal terakhir yang penting dipertimbangkan ketika membeli rumah di lokasi premium adalah bertanya ke diri sendiri, mana yang lebih penting bagi Anda, lokasi atau rumah yang nyaman? Setelah mengetahui mana yang menjadi prioritas Anda, kembali tanyakan ke diri sendiri mengapa Anda memilih jawaban tersebut.

Jika fokus terhadap lokasi, maka Anda harus siap merelakan rumah dengan luas yang terbatas. Sementara jika ingin memiliki rumah yang nyaman dan sesuai dengan keinginan, maka tinggal di area pinggiran bukan menjadi hambatan.

sumber : economy.okezone.com
Powered by Blogger.